Yuk Kita Datangi Wisata Rekreasi Seru Ragunan

Warga Jabodetabek khususnya Jakarta pasti gak asing lagi deh sama Kebun Binatang Ragunan. Gimana nggak gitu, kebun binatang satu ini sudah ada semenjak zaman kita kecil dulu, sebelum kebun binatang lainnya yang lebih progresif semisal Taman Safari di Cisarua ataupun Seaworld di Ancol. Tetapi kalo ditanya kapan sih kamu terakhir kesana? Hayo, ingat gak?

Meskipun kayaknya sudah gak umurnya lagi, mengingat populasi wisatawan Ragunan yang dipenuhi bocah-bocah TK dan SD, gak ada salahnya sesekali main ke bonbin ini. Percaya deh, pohon-pohon rindang, celoteh burung serta pemandangan fauna di Ragunan bakal membawa kamu rehat sementara dari suasana kota besar yang ramai. Area kebun binatang yang lumayan luas memungkinkan kamu tuk bersepeda mengitarinya, atau sekedar jalan kaki santai menikmati suasana, sembari hitung-hitung olahraga. Tidak cuma menyegarkan badan, pun merilekskan pikiran lho!

Lapar dan capek sehabis berjam-jam keliling? Mengapa gak coba piknik di bawah pohonnya yang rindang? Kamu berkesempatan mempersiapkan makanan kecil, nasi serta lauk, minuman, kemudian duduk di kursi taman maupun gelar tikar, acara jalan-jalan di bonbin pun bisa disulap menjadi acara piknik seru! Kalau tak mau repot, mampir aja di warung-warung yang terdapat didalam area Ragunan. Sebagian warung menyediakan tikar serta lesehan yang cocok banget tuk nongkrong sembari menikmati nuansa alami.

Lalu gimana dengan binatangnya? Cukup lengkap! Begitu melalui pintu gerbang, kamu disambut oleh sekawanan besar burung pelikan yang mendiami kolam yang dibangun lengkap dengan tebing-tebing karang bikinan. Meskipun bikinan, kolam tempat tinggal pelikan-pelikan besar itu tampak cukup alami dan cantik. Setelah puas lihat pelikan, kamu dapat meneruskan perjalanan ke kumpulan kandang singa, harimau belang dan macan kumbang. Ada harimau putih juga lho! Sejumlah binatang kecil lucu dan menggemaskan pun pasti menjadikanmu terhibur, contohnya rakun ataupun rusa tutul yang bakal mengingatkanmu kepada Bambi, si rusa Disney. Oh iya, rusa-rusa kecil ini gemar makan lho. Mereka makan apa pun, semisal buah kecapi dari pohon di sekeliling kandang yang diberikan pengunjung.

Jangan lupa berkunjung ke kandang burung, yang mana burung-burung cantik dan menakjubkan menetap. Ada bermacam-macam jenis elang, rangkong, nuri sampai merak. Boleh pula melihat-lihat ke zona reptil, yang mana ular-ular besar yang gemuk bergelung nyaman didalam akuarium mereka. Sebagian pengunjung bakal mengetuk-ngetuk kaca, menyuruh mereka gerak. Tapi jangan keliru, sekalinya mereka bergeliat lalu mulai merayap, bisa menjadikan bulu kuduk berdiri!

Bagaimana Menuju Ragunan?

Ada sebagian cara, namun cara termudah tuk kamu yang tak membawa kendaraan sendiri ialah dengan naik bus TransJakarta koridor 6. Kamu disarankan untuk naik dari Halte Dukuh Atas II jika transit dari Dukuh Atas I, dan berbagai halte yang ada di koridor 6. Rute tempuh koridor ini ialah sepanjang Akses HR Rasuna Said, Setiabudi, serta Jatipadang. Bus ini bakal langsung mengantar kamu menuju Halte Ragunan, di depan gerbang utamanya.

Beberapa Tips

  1. Disarankan belum memberi makan binatang, sebab bisa merusak jadwal makan mereka lalu menimbulkan potensi keracunan.
  2. Jika ingin piknik, bisa bawa tikar atau beli dari pedagang yang mendagangkan tikar di loket karcis. Harganya cukup murah, Rp 5000. Sebaiknya berkunjung ke Ragunan pagi hari. Disamping sepi, juga agak teduh.
  3. Sore hari, sebagian binatang sudah masuk kandang dan tak dipertontonkan lagi.
  4. Bawalah makanan kecil serta minuman tuk bekal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *